Telkomtelstra; Memberikan Kesempatan Perempuan untuk Mendalami Sektor Teknologi

Perempuan peminat jurusan bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Math) di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Menurut International Labour Organization (ILO) pada tahun 2017, terdapat 38,7% pelajar perempuan yang ingin bekerja di bidang konstruksi, manufaktur dan teknologi informasi. Namun hanya 16% perempuan yang akhirnya mendalami bidang STEM.

Telkomtelstra merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang mendukung keberagaman gender dalam dunia STEM, terutama di sektor teknologi. Telkomtelstra membawa misi untuk memberikan kesempatan yang sama kepada laki-laki ataupun perempuan di tempat kerja, menyampaikan pentingnya bisnis proses untuk mempromosikan kesetaraan dan mengembangkan kebijakan terkait pemberdayaan ekonomi perempuan.

Sebagai upaya untuk mendukung misi tersebut, Telkomtelstra bekerjasama dengan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), yang merupakan koalisi dari sejumlah perusahaan yang berkomitmen untuk mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan dan kesetaraan gender. Beberapa program yang sudah dilakukan di antaranya adalah Investing in Education: Campus Roadshow, yaitu program yang ditujukan untuk melakukan talent recruitment dilengkapi dengan sesi berbagi cerita terkait produk dan mempromosikan perempuan dalam industri STEM  ke kampus-kampus besar di Indonesia seperti Telkom University, Binus University, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Tidak hanya itu, Telkomtelstra juga melakukan program Youth Takeover, yang terinspirasi dari program inisiatif IBCWE yaitu Women Take Over. Program Youth Takeover yang diadakan pada bulan November 2019, ditujukan untuk membuka kesempatan bagi karyawan millennial untuk mencoba peran Management. Inisiatif ini memberikan kesempatan untuk lima karyawan millennial terpilih untuk menjadi salah satu dari lima  Executive Leadership Team di Telkomtelstra yaituPresident Director, Chief Financial Officer, Chief Sales Officer, Chief Operations Officer, dan Chief Product & Services Officer.

Aqmarina Andira, Corporate Secretariat and Government Relations Manager Telkomtelstra, inisiator kegiatan Youth Takeover 2019 ini menyampaikan bahwa, “Memberikan kesempatan bagi karyawan muda – khususnya perempuan untuk mencapai mimpinya sebagai CEO di Indonesia dapat membantu memecahkan fenomena sosial yang seringkali disebut sebagai ‘breaking the glass ceiling’, yakni sebuah metafora yang mengacu pada hambatan transparan dan artifisial yang dihadapi perempuan atau kaum minoritas untuk meraih jabatan tinggi dalam suatu perusahaan. Tidak hanya itu, program Youth Takeover ini juga dapat memberikan pengalaman langsung bagi para karyawan muda, untuk mempelajari bisnis, kepemimpinan, proses pengambilan keputusan, dan tentunya dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.”

Inisiatif ini memberikan kesempatan unik untuk mengikuti Manajemen dalam pekerjaan sehari-hari mereka, di mana karyawan muda  juga mendapatkan pengalaman dalam memimpin rapat internal dan mengemukakan pendapat mereka tentang isu-isu yang berdampak pada perusahaan. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan inspirasi tersendiri dan memacu semangat bagi karyawan millennial, dan pada saat yang sama juga memberikan ide dan inspirasi baru bagi pemimpin perusahaan.

Telkomtelstra juga memiliki berbagai kebijakan yang mendukung para ibu bekerja, salah satunya kebijakan flexible working arrangement.

Sektor teknologi merupakan salah satu sektor yang masih didominasi oleh laki-laki. Erik Meijer, selaku President Director Telkomtelstra, melihat perlunya dukungan perusahaan dalam upaya meningkatkan keberagaman dan partisipasi perempuan di perusahaannya. Oleh karena itu, inisiatif-inisiatif untuk memastikan keberagaman dan juga dalam memberikan kesempatan yang sama baik untuk laki-laki maupun perempuan di tempat kerja, harus datang dari berbagai arah, terutama dari pemimpin perusahaan yang menjadi pemangku kebijakan perusahaan. Usaha tersebut sudah mulai dirasakan oleh para karyawan dari Telkomtelstra.

“Dengan dukungan Telkomtelstra terhadap kesetaraan gender telah membuat mimpi para ibu yang bekerja menjadi kenyataan,“ ungkap Desqi Cahyaningrum, Customer Relationship & Administration Manager.

Telkomtelstra merupakan perusahaan patungan antara PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) yang merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan Telstra Corporation Limited (Telstra) yang merupakan perusahaan telekomunikasi dan layanan informasi terkemuka di Australia. Telkomtelstra menyediakan portfolio produk dan solusi teknologi terdepan seperti Managed Network Services, Managed Security Services dan Managed Cloud Services untuk membantu peningkatan transformasi digital di Indonesia.

 


Sumber;

https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_682140.pdf

https://www.linkedin.com/pulse/pekerjaan-saya-sebagai-ceo-diambil-alih-oleh-pemuda-berumur-meijer/


Download File