Fasilitas TPA Agar Pekerja Tenang Bekerja

Fasilitas TPA di PT Unilever Indonesia

AGAR PEKERJA TENANG BEKERJA

Meski sibuk dengan aktivitas di kantor, orang tua bekerja berupaya agar tidak kehilangan perhatian kepada si buah hati. Memahami hal ini, PT Unilever Indonesia (UI)selama 15 tahun terakhir mengakomodir kebutuhan dari pekerja yang memiliki anak 6 bulan sampai 12 tahun agar bisa fokus di tempat kerja namun tidak kehilangan daya pantau atas  perkembangan putera-puteri mereka. “Kami hanya ingin memastikan karyawan bisa berkontribusi secara maksimal di tempat kerja. Sementara anak adalah salah satu sumber yang bisa membuat orang tua menjadi sulit berkonsentrasi. Dengan memastikan mereka berada di tempat yang terjamin, dan bisa diakses kapan pun maka diharapkan orang tua bisa fokus di tempat kerja dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.” Ujar Irma Erinda, Leadership and Organizational Development Manager PT Unilever Indonesia.

Keberadaan day care, atau lebih dikenal Tempat Penitipan Anak (TPA), di kantor pusat UI dimulai dari keresahan para orang tua pekerja yang ditinggal oleh perawat anak (baby sitter) atau Asisten Rumah Tangga mereka selama maupun pasca Lebaran. Pihak perusahaan pun merespon kondisi ini dengan pengadaan fasilitas TPA. Sejak mulai diadakan pada tahun 2003, kegiatan di TPA Unilever Indonesia menyediakan bentuk-bentuk layanan berupa aktivitas edukasi nonformal yang bermanfaat menstimulasi kecerdasan, daya imajinasi, kreativitas, sekaligus mempersiapkan kemandirian anak disaat menghabiskan waktu harian di tempat orang tua mereka bekerja. Selain itu, peningkatan kapasitas orang tua pun tidak luput dari perhatian perusahaan. Misalnya, tahun lalu melalui program Daycare bertema ‘Happy Family, Happy Employee’. Salah satu kegiatannya adalah pengenalan Metode Hypno Parenting & Stress Management bagi orang tua dan Metode Montessori bagi anak-anak sebagai upaya Unilever dalam mendorong peran serta keluarga dalam pengasuhan anak untuk menciptakan keluarga yang sejahtera (well-being family).

Terhitung mulai Juni lalu, UI menempati Grha Unilever yang berlokasi di Green Office Park BSD City Tangerang. Di atas lahan seluas 30.000 m2 dengan luas bangunan mencapai 50.000 m2 dan daya tampung hingga 1.350 pekerja. Fasilitas TPA pun pindah dan ikut dibangun dengan daya tampung hingga 30 anak setiap hari. Antusiasme orang tua pekerja di perusahaan terlihat dari ‘antrian’ penitipan yang mencapai 50 anak dan berbiaya Rp 1,7 juta per bulan untuk tiap anak.


Download File