Tingkat Partisipasi Tenaga Kerja di Indonesia, Masih Didominasi Laki Laki

Tingkat pegangguran di Indonesia pada 2019 ini berkurang, dengan adanya penambahan angkatan kerja sebanyak 2,24 juta orang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah angkatan kerja pada Februari 2019 meningkat sebesar 1,7% menjadi 136, 18 juta orang jika dibandingkan dengan Februari 2018.

Sejalan dengan kenaikan jumlah angkatan kerja, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) pun naik 0,12% menjadi 69,32% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini mengindikasikan adanya potensi ekonomi dari sisi pasokan tenaga kerja yang meningkat.

Sayangnya, meski tingkat pengangguran berkurang, TPAK wanita di Indonesia ternyata masih jauh di bawah TPAK laki-laki. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Jika dilihat berdasarkan jenis kelamin (gender), TPAK masih didominasi laki-laki dengan partisipasi sebesar 83,18%. Sementara itu, TPAK perempuan hanya sebesar 55,5%. Secara tahunan, TPAK laki-laki naik 0,17% sedangkan perempuan hanya naik tipis 0,06%.

Kondisi ini tentu belum sejalan dengan kesetaraan gender yang gencar disosialisasikan dalam dunia kerja. Padahal pemberdayaan perempuan sangat penting bagi perekonomian sebuah negara.

Dikutip dari situs Merdeka.com, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, labor participation atau partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia hanya 54 persen. Angka tersebut masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan angkatan kerja laki-laki sebanyak 83 persen. "Tadi saya sebutkan labor participation untuk perempuan, itu masih jauh tertinggal hanya 54 persen dibandingkan lebih dari 83 persen untuk laki-laki," ujar Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut pun menambahkan, pemerintah juga akan bekerja sama dengan BPS untuk melihat kondisi ini secara statistik. "Dengan adanya data statistik, biasanya akan memberikan informasi dan juga bukti sehingga isu mengenai gender itu bisa diletakkan sebagai objektif," tandasnya.

Penulis :  Joan Natasya Lambe

Sumber :

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/07/tingkat-partisipasi-tenaga-kerja-masih-didominasi-laki-laki

https://www.merdeka.com/uang/sri-mulyani-partisipasi-perempuan-bekerja-di-indonesia-hanya-54-persen.html