Apakah kamu melakukan Mansplaining di lingkungan kerja?

Image credit: Kim Goodwin
 

Mansplaining adalah ketika laki-laki menjelaskan sesuatu dengan cara merendahkan seseorang, biasanya sering terjadi kepada perempuan. Istilah Mansplaining pertama kali dicetuskan dalam sebuah esai yang ditulis oleh Rebecca Solnit berjudul “Men Explain Things to Me: Facts Didn’t Get in Their Way”. Kemudian istilah Mansplaining ditambahkan ke dalam kamu Merriam-Webster pada tahun 2018.

Mansplaining memperkuat stereotip gender terutama pada saat diskusi di lingkungan kerja. Laki-laki berasumsi bahwa perempuan tidak memiliki banyak pengetahuan tentang subjek tertentu, sehingga laki-laki merasa harus menjelaskan sesuatu secara lebih rinci. Hal ini memperkuat mitos bahwa perempuan kurang kompeten dibandingkan laki-laki. Mansplaining dapat menyebabkan hilangnya produktivitas dan penurunan sense of belonging. Mansplaining juga dapat menghambat kemajuan karier perempuan hingga menjadi salah satu penyebab beberapa perempuan lebih memilih untuk meninggalkan tempat kerja yang lebih menghargai mereka. 

Bagaimana cara mengurangi perilaku mansplaining?

Bagi individu, penting untuk belajar lebih banyak mendengarkan dan merefleksikan diri dengan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah seseorang meminta penjelasan secara terperinci terhadap sesuatu?
  • Apakah kamu membuat asumsi tentang kemampuan seseorang dalam melakukan sesuatu?
  • Apakah ada bias gender yang mendasari asumsi kamu pada salah satu atau kedua hal di atas?

Bagi perusahaan, bisa melakukan beberapa hal, seperti memasukkan diskusi tentang mansplaining dalam pelatihan keragaman dan inklusi, membangun budaya untuk memberikan kesempatan kepada perwakilan perempuan dan laki-laki dalam menyampaikan opini di ruang rapat.

Setelah mengetahui apa itu Mansplaining, mari secara aktif melakukan refleksi diri ketika ingin menjelaskan sesuatu niatnya adalah untuk mengembangkan orang lain bukan merehkan orang lain.

Referensi:

How Mansplaining Is Negatively Impacting Your Workplace -- And What You Can Do To Prevent It. Forbes.com. 7 Januari 2019. https://www.forbes.com/sites/janicegassam/2019/01/07/how-mansplaining-is-negatively-impacting-your-workplace-and-how-to-prevent-it/?sh=4a89042213f1

This Mansplaining Chart is Absolutely Heroic and Can Be Sent to Anyone Who Needs it. Bustle.com. 2 Desember 2018. https://www.bustle.com/p/this-mansplaining-chart-is-absolutely-heroic-can-be-sent-to-anyone-who-needs-it-13225134

21 November 2022 | Tiara Tri Hapsari