Pelatihan Bias Gender

Apa sih bias gender yang sering terjadi di lingkunganmu? Apakah pemilihan warna, pemilihan mainan,  pengelompokan sikap dan karakteristik, pembagian tugas domestik, akses pendidikan, atau preferensi pekerjaan?

Bias gender adalah sebuah pemikiran yang mendukung atau menentang salah satu gender dalam berperan dan berperilaku.

Kenapa harus peduli pada bias gender? Karena jika bias ini terus berkembang, maka tidak menutup kemungkinan akan mendiskriminasi salah satu gender yang dampaknya merugikan kedua gender.

Kerugian dari bias gender bisa berupa tingkat pelecehan dan kekerasan seksual baik di ranah domestik maupun publik tinggi, pemenuhan ekonomi keluarga dan negara tidak maksimal, serta beban bagi perempuan dan laki-laki untuk memenuhi standar akibat bias gender di lingkungan sosial dan tempat kerja menyebabkan kesehatan mental mereka terganggu.

Secara sadar atau tidak sadar, kita sering kali melakukan bias gender dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saja ketika mengobrol, menonton, atau melakukan pekerjaan.

Di Amerika, 37 persen dari 1500 responden menyatakan lingkungan kerja mereka berkontribusi pada kesehatan mentalnya dan 61 persen menyatakan kesehatan mentalnya mempengaruhi produktivitas mereka. Sedangkan di Indonesia, 3,14 persen populasi perempuan mengidap depresi dibandingkan dengan laki-laki 2,73 persen. 

Mari belajar untuk mengurangi bias gender dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar!

Pembahasan secara lengkap mengenai bias gender dan dampaknya pada kehidupan sosial dan kerja, menjadi salah satu materi pelatihan dari IBCWE yang berjudul Unconscious Gender Bias. 

Unconscious Gender Bias Training untuk Organisasi atau Perusahaan terdapat 2 (dua) level, yaitu:

Level I

Memahami dan mewaspadai isu gender di lingkungan sosial & tempat kerja serta dampaknya.

Mengubah persepsi tentang gender, terutama tentang pentingnya kesetaraan gender dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan & kinerja organisasi.

Level II

Memahami dan mewaspadai isu Gender di lingkungan sosial & tempat kerja serta dampaknya.

Mengubah persepsi tentang gender, terutama tentang pentingnya kesetaraan gender dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan & kinerja organisasi.

Memahami cara mengelola & menerapkan praktik & kebijakan berbasis gender dalam organisasi.

Fasilitas yang didapatkan berupa fasilitator, pelatihan secara daring, modul yang diberikan setelah pelatihan, Elektronik Sertifikat.

Tertarik? Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut ke Tedi - Partnership Manager, melalui email tsubagia@ibcwe.id atau pesan di nomor +62 878-8572-0715


25 Agustus 2021

Tiara Tri Hapsari


Sumber

Foto dari www.freepik.com

https://www.weforum.org/agenda/2018/06/global-mental-health-five-key-insights-which-emerge-from-the-data

https://www.mindsharepartners.org/mentalhealthatworkreport?lightbox=dataItem-jvn3nck6