Bagaimana menjadi seseorang yang memiliki Gender Intelligence di tempat kerja?

Gender intelligence atau kecerdasan gender adalah mengetahui bagaimana bekerja lebih baik dengan orang-orang dari lawan jenis. Ini memahami dan menghargai perbedaan alami antara perempuan dan laki-laki yang melampaui perbedaan biologis seperti pengaruh keluarga, pendidikan, budaya dan lingkungan.

Gender Intelligence tidak mengabaikan atau hanya menoleransi perbedaan tapi merayakan, merangkul, dan memahami cara untuk memanfaatkan potensi dari masing-masing gender untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, pengambilan keputusan, dan pertumbuhan. Gender Intelligence adalah cara untuk tidak hanya membawa lebih banyak perempuan ke dalam organisasi tapi juga memastikan mereka ingin tinggal.

Bagaimana menjadi seseorang yang memiliki Gender Intelligence di tempat kerja?

Banyak membaca dan merefleksikan diri

Beberapa buku yang bisa menjadi rekomendasi adalah Barbara Annis adalah CEO dari Gender Intelligence Group dan pelopor frasa ini dan Joanne Lipman adalah jurnalis dan editor yang mengemas banyak penelitian dan wawasan yang relevan dengan topik.

Berlatih

Fokus pada beberapa praktik sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari tapi bisa memberikan dampak yang kumulatif dari waktu ke waktu.

1. Berlatih lebih banyak mendengarkan, lebih sedikit berbicara

Komunikasi adalah salah satu hambatan paling umum antara perempuan dan laki-laki di tempat kerja.

Mengutip The New York Times, “Berbagai studi akademis memperjelas bahwa diinterupsi, dibicarakan, dibungkam atau dihukum karena berbicara hampir menjadi pengalaman umum bagi peempuan ketika mereka kalah jumlah dengan laki-laki”

Menurut laporan Forbes, “Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki mengganggu perempuan di tempat kerja hampir 33% lebih sering dan juga berbicara lebih banyak ketika perempuan berada di ruangan sebagai proyeksi dominasi dan kekuasaan mereka”

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan fokus pada mendengarkan secara aktif dan mengurangi – sebanyak mungkin – jumlah kamu menginterupsi rekan kerja. Seringkali kita membutakan perilaku kita sendiri dalam berinteraksi sehari-sehari di tempat kerja.

2. Berlatih untuk terus belajar

Seseorang yang memiliki Gender Intelligence adalah pembelajar seumur hidup dan mendorong orang lain di sekelilingnya untuk memahami ap aitu Gender Intelligence. Tanpa sungkan mencari penjelasan dari perempuan dan laki-laki untuk suatu hal dan secara konsisten mencari umpan balik yang konstruktif untuk berinteraksi antar sesama tapi juga dalam apa yang mereka tulis.

3. Berlatih menemukan kekuatan dalam perbedaan

Perempuan dan laki-laki saling melengkapi, terutama ketika saling memahami dan menghargai perbedaan-perbedaan dalam tingkat Gender Intelligence. Mulailah melihat dan menggali lebih dalam dari setiap perbedaan untuk menemukan kekuatan atau kesempatan perbaikan. Hal ini juga dapat memperbaiki stereotype yang menyebar di lingkup sosial dan tempat kerja.

Berlatih menggunakan logbook Gender Intelligence: The Workplace Game-Changer dari everywomen.com di sini.

Berani bersuara

Setelah mendengarkan dan berlatih, kamu bisa mulai memperhatikan seberapa sering stereotype ini muncul dalam percakapan biasa, email, memo atau berbagai komunikasi lainnya, lalu bersedia mengoreksi atau bersuara untuk memperbaiki hal tersebut tanpa menyudutkan salah satu gender.

Keterwakilan gender yang seimbang harus dicapai dalam pendidikan, bisnis dan pemerintahan. Bukan hanya menyamakan angka tetapi juga mencapai kesetaraan gender. Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu melihat bahwa perempuan dan laki-laki sebagai individu yang saling melengkapi.

Dengan berbagai perbedaan, kita harus belajar bagaimana mengenali, menghargai dan memanfaatkan perbedaan. Hal tersebut bisa dimulai dari diri sendiri, setiap hari, dari langkah kecil hingga besar dalam berinteraksi di tempat kerja karena semua orang bisa memiliki Gender Intelligence jika memiliki keberanian untuk mendengarkan, belajar dan bersuara.


28 Juli 2021

Tiara Tri Hapsari


Sumber

1 https://www.genderintelligence.com/what-is-gender-intelligence/

2 https://www.hult.edu/blog/be-more-gender-intelligent-at-work/

3 Photo by cottonbro from Pexels