Keinginan Pekerja Milenial dan Gen-Z di Masa Depan

Pilihan waktu dan tempat kerja fleksibel

88% pekerja mencari posisi atau pekerjaan baru yang menawarkan fleksibilitas secara waktu dan lokasi.

Lingkungan kerja yang nyaman dan aman

Pekerja berharap memiliki lingkungan yang saling mendukung satu sama lain untuk menunjukkan bakat dan potensi mereka serta memiliki tempat kerja dengan kebijakan-kebijakan yang dapat memberikan mereka rasa aman, seperti kebijakan anti-diskriminasi, anti-pelecehan seksual, akses promosi yang setara.

Produktivitas yang dapat diukur

86% karyawan mengatakan mereka lebih suka bekerja di perusahaan yang memprioritaskan overcomes daripada output. Pekerja saat ini ingin pekerjaan mereka diukur berdasarkan dampak yang berhasil mereka berikan kepada bisnis, bukan hanya dari banyaknya pekerjaan yang mereka lakukan.

Ruang dan kepercayaan yang besar

Pekerja berharap memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan sehingga dapat diberikan ruang serta kepercayaan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka, di mana pun mereka berada. 

Bekerja dengan tim yang beragam

86% pekerja dan 66% direktur SDM setuju  bahwa bahwa tenaga kerja yang beragam bisa saling berbagi peran dan saling mengisi dengan keterampilan masing-masing sehingga membuat kinerja tim menjadi lebih baik dan dapat mengikuti perubahan-perubahan seiring berjalannya waktu.

Pembelajaran dan pengembangan keterampilan

82% pekerja dan 62% direktur SDM percaya bahwa pekerja perlu mengasah keterampilan mereka saat ini atau memperoleh keterampilan baru setidaknya setahun sekali untuk mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar kerja global.

88% pekerja mengonfirmasi bahwa mereka mencari perusahaan yang menyediakan layanan pembelajaran dan pengembangan keterampilan saat mencari posisi baru.

 

Beberapa hal tersebut, terbukti dalam Global Talent Survey tahun 2020 yang dilakukan oleh Jobstreet, BCG & The Network. 

Preferensi Orang Indonesia Saat Bekerja

Dari beberapa poin di atas, mana nih yang paling kamu inginkan tersedia di perusahaan atau calon perusahaan kamu? 

Nah, kalau perusahaan ingin memanfaatkan talent pool secara maksimal perlu mempertimbangkan hal-hal di atas untuk menyusun kebijakan atau strategi baru, terutama ketika ingin mendukung partisipasi perempuan generasi Millennial dan Gen-Z dalam angkatan kerja agar memiliki tim organisasi yang beragam dan berkembang. 

 

Sumber:

https://hbr.org/2021/05/what-your-future-employees-want-most

Global Talent Survey. 2020. Jobstreet, BCG & The Network

Photo by fauxels from Pexels

 

Tiara Tri Hapsari

17 Juni 2021